Kamis, 10 Agustus 2017

cara menentukan ukuran mcb,kabel dan bc pada panel

            Panel????kl denger kata panel pasti yang terlintas box yang isinya penuh dengan mcb/mccb iya kn???nah cb bayangin kl qt disuruh untuk nentuin kcb sama kabelny pa gx ngeri tuh?????Kalo pipa sih paling bocor tp kl panel pa gx meleduk kl salah perintungan hehehehe.
Nah biar aman nie saya bagiin cara nentuin mcb,kbel dan bc pada panel.


Rumusny 1 phasa (220v) :

P = V x I
I = P / V

ket:   P = daya (watt)
         V = tegangan (Volt) 220 V
         I = arus (Amper)

Rumusny 3 phasa (380v) :

P = V x I x √3 x Cos φ
I = P / V x √3 x Cos φ

ket:   P    = daya (watt) 
         V   = tegangan (Volt) 380 V
         I    = arus (Amper)
        √3  = 1,73
         Cos φ = 0,8

kl susah qt pakai tegangan 220V x 3 (RST) =660
  
        P = V x I x Cos φ
        I = P / V x 0,8

Nah kl dah ketemu amper ny berapa baru di sesuaikan dengan tabel berikut:



 Nah dengan begini sudah di temukan berapa ukuran mccb nya.selamat dicb oiya kl ada yang kurang paham bisa di tanyakan....thanks.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SPRINKLER Jilid 2

    Hari ini saya akan melanjutkan kiriman saya yang kemaren,pada kiriman saya sebelumnya saya sudah membahas tentang pengertian sprinkler d...