Jumat, 18 Agustus 2017

SPRINKLER Jilid 2

    Hari ini saya akan melanjutkan kiriman saya yang kemaren,pada kiriman saya sebelumnya saya sudah membahas tentang pengertian sprinkler dan untuk kiriman saya yang sekarang akan membahas tentang system sprinkler itu sendiri.

sebelum ke sprinkler kita harus tahu dlu dari mana sumber air sprinkler tersebut
baik saya jelas kan gambar 1 jadi dari gwt(ground water tank) disedot pompa(jockey,disel maupun electric)melalui pipa nah sebelum masuk ke mulut pompa atau yang disebut section air melewati valve,strainer lalu flaxible join baru kemudian ke mulut pompa/suction/mulut hisap pompa setelah itu baru keluar dari discharge/mulut buang pompa setelah itu melewati flexible join,check valve baru valve kemudian masuk ke header atas tapi jangn lupa di antara check valve dan valve terdapat ball valve dan preasure gauge.
sebenarnya dalam instalsi ini ada 2 header header atas dan header bawah untuk header atas tanpa pengecualian harus ada(alasan ny ada di gambar 2)
dan untuk pengadaan header bawah itu tergantung pada posisi air gwt terhadap pipa hisap pompa jika air gwt berada di bawah pipa hisap pompa  berarti tak perlu adanya header(hal ini disebut  negatif) sedangkan jika posisi air berada di atas pipa hisap pompa maka perlu adanya header( hal ini di sebut positif).
begini penjelasanny jika air negatif lalu di kasih header bawah maka kekuatan sedot pompa kurang maksimal maka dari itu tak perlu adanya header bawah sebagai gantinga di pasang foot valve(penahan air agar tidak turun)
nah sekarang saat positif posisi air beraa di atas pipa hisap pompa jadi air melimpah ke mulut pompa maka dari itu perlu adanya header untuk pembagi ke electric deasel dan jockey.
inget fungsi header bukan untuk penampung air melainkan untuk PEMBAGI.
      Nah untuk gambar 2 kykny gx perlu di jelasin lg cz dah detail bgt..
ke 3 pompa adalah hal wajib pada ruang pompa jockey,diesel dan electrik hukumnya wajib karena ke3 pompa ini bekerja dengan tugas masing2.saya jelaskan satu per satu
saat terjadi kebakaran yang besar otomatis tak akan mampu padam hanya dengan sprinkler maka hidrant berperan saat hydrant berperan tentu memerlukan air yang banyak pada saat itu pompa electric bekerja,tidak mungkinkn kl gedung terjadi kebakaran listrik akan menyala terus menerus?? pasti akan di putus jg kn?? nah saat listrik diputus tentu pompa electric nakan ikutan mati jika hal tersebut terjadi pompa diesel berperan menggantikan peran pompa electrik.
trz kpn jockey bekerja???kita telaah dlu fyngsi jockey???yaitu menstabilkan tekanan.
maksudnya jockey berperan menstabilkan tekan sprinkler,contoh saat ada head yang pecah mengeluarkan air maka jockey bekerja menstabilkan tekanan air.cb bayangkan jika ada kebakaran kecil padahal bs padam hanya menggunakan head sprinkler tp yg yg bekerja pompa diesel /pompa electrik??hehehe pa gx jebol tuh head,maka dari itu cukup hanya jockey yang berperan.

kykny cukup sampai sini dlu akan saya lanjutkan lg di kiriman saya berikutny.Santai saja sedikit2 di pahami dlu ntr kl saya langsung kasih banyak mlh pingsan heheheh..
saya disini cm berbagi ilmu yg saya tahu jika kawan2 mw nambahin saya terima ksih bgt buat tambahan ilmu saya tks.

1 komentar:

  1. Pak,tolong gambar safety valve dan prv donk..utk header atas itu sistemnya gmn?dan instalasi yg benar itu gmn..?terima kasih

    BalasHapus

SPRINKLER Jilid 2

    Hari ini saya akan melanjutkan kiriman saya yang kemaren,pada kiriman saya sebelumnya saya sudah membahas tentang pengertian sprinkler d...